Bukit Raya 2.278 Mdpl, The Seven Summits of Indonesia

Wisata Alam Bukit Raya 2.278 Mdpl - Seru dan menantangnya pendakian puncak Bukit Raya 2.278 Mdpl telah menunggu Anda yang menyukai petualang di alam bebas sesungguhnya. Tak mencapai 3.000 bahkan 4.000-an mdpl memang ketinggiannya, namun eksotisme alam gunung tertinggi di Pulau Kalimantan ini tak ada yang meragukan.

jalur-pendakian-bukit-raya-2278-mdpl

Lokasi Bukit Raya

Bukit Raya berada di perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR). Anda bisa mencapai puncaknya melalui dua jalur pendakian di dua provinsi tersebut, yaitu jalur Desa Kasongan di Kalimantan Tengah dan Desa Rantau Malam di Kalimantan Barat. Namun jalur yang lebih familiar adalah via Rantau Malam, Kalbar, soalnya penunjuk arah pendakian lebih banyak.

Bukit Raya The Seven Summits of Indonesia

7 Puncak Tertinggi di Indonesia atau bahasa kerennya The Seven Summits of Indonesia adalah tujuh puncak gunung paling tinggi di Pulau dan Kepulauan utama Indonesia. Dan Bukit Raya termasuk di dalamnya yang menjadi tujuan para pendaki untuk melengkapi ekspedisi seven summit-nya.

Enam gunung lainnya adalah Gunung Binaiya 3.005 mdpl (Kepulauan Maluku), Gunung Latimojong 3.387 mdpl (Pulau Sulawesi), Gunung Semeru 3.676 mdpl (Pulau Jawa), Gunung Rinjani 3.726 mdpl (Pulau Nusa tenggara dan Bali), Gunung Kerinci 3.805 mdpl (Sumatera), Gunung Jaya Wijaya 4.884 mdpl (Papua).

Eksotisnya Bukit Raya

Bukit Raya ramai diwaktu-waktu tertentu saja, biasanya pada musim liburan panjang dan di bulan Agustus yang rame. Masih jarangnya wisatawan yang mendaki kesini dikarenakan letaknya sangat terpencil dan memerlukan berbagai macam moda transportasi untuk sampai di titik awal pendakian. Sehingga selain fisik yang prima untuk menaklukan medannya, juga harus harus merogoh kocek dalam untuk segala persiapan mendaki.

jalur-pendakian-gunung-bukit-raya-2278-mdpl 

Banyak yang bilang kalau biaya mendaki gunung yang 377 mdpl lebih tinggi dari puncak Gunung Besar Halau-Halau di Kalsel ini berada di termahal  ke-2 paling setelah gunung Jayawijaya atau Carstensz Pyramid di Papua.

Meskipun begitu, tetap saja ada banyak pendaki dari berbagai daerah di Indonesia hingga wisatawan asing yang tak ingin melewatkannya. Anda salah satunya? Yuk persiapkan segala sesuatunya dari sekarang!

Ritual Pendakian Bukit Raya

Ritual upacara adat Ngukuih hajat sebelum mendaki akan dilakukan oleh masyarakat dayak Ot Danum kepada calon pendaki, tak hanya dilakukan 1 kali saja tapi 2 kali termasuk setelah selamat turun dari gunung. Upacara ini sedikit mengerikan karena melibatkan pemotongan ayam kampung sambil duduk menghadap matahari terbit, setelah itu gelang manik-manik cantik akan disematkan ke tangan pendaki.


Gelang tersebut adalah penanda bahwa kita telah “permisi” oleh tetua adat di Desa Rantau Malam (desa terakhir). Gelangnya sudah di-doakan oleh tetua adat yaitu dengan cara dilumuri darah ayam kampung dan diberi mantra-mantra oleh tetua adat. Fungsinya kita semua meminta kepada Tuhan untuk keselamatan dan dilancarkan pendakian ini. Untuk hal mistiknya yaitu agar para pendaki tidak diganggu oleh makhluk halus dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Percaya gak percaya, tapi kita tetap harus menghormati dan menghargai setiap budaya masing-masing daerah yang kita datangi. Karena Indonesia begitu banyak suku, budaya dan adat istiadat yang harus tetap dijaga, hormati dan lestarikan. 

Pendakian Puncak Bukit Raya

Normalnya, sekitar 6 hari 5 malam  waktu yang dibutuhkan untuk survive di Gunung Bukit Raya, menuju puncak dan menuruninya kembali. Dari medan yang rumit hingga berbagai binatang liar yang menghadang akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki. 


Dan yang tak terlupakan membelah sungai di rimbanya alam Bukit Raya, kadang perahu mesin yang kita tumpangi akan tersendat bahkan oleng di beberapa titik berbatu. 

menyusur-sungai-menuju-des-rantau-malam-bukit-raya

Seru dan menantang, bukan?

bukit-raya-2278-mdpl

Mulai memasuki hutan yang diselimuti pepohonan kecil hingga besar yang menjulang tinggi, tak jarang ranting-ranting akan menggores kaki mu. Dan yang menggelikan kalau-kalau si “hitam manis” alias binatang pacet tanpa kamu sadari menempel di badan mu. 

gunung-bukit-raya-2278-mdpl

Sebaiknya gunakan pakaian yang tertutup yah gunakan kaos kaki yang tebal, pun begitu tak jarang pacet bisa menyelinap.

Alam yang sangat indah dan sangat alami di Bukit Raya 2.278 Mdpl ini juga bisa kamu temui di zona hutan lumut. 

padang-lumut-bukit-raya-2278-mdpl

Katanya “hamparan lumutnya lucu, tapi lebih lucuan kita yang mendaki ke sana, heee…” 

gunung-bukit-raya-2278

Vegetasi lumut yang cantik walaupun di musim kemarau tetap menghamparkan keindahan tersendiri. Membuat rindu ingin kembali!

Oiya namanya juga kan di alam bebas, banyak tumbuhan cantik nan unik yang sering dijumpai para pendaki. Tak terkecuali Tropical pitcher plant (Genus Nepenthes) atau yang biasa dikenal Kantong Semar.

tumbuhan-kantong-semar-di-bukit-raya-2278-mdpl

Sebagai pegiat alam bebas saat menghadapi keadaan stok air menipis, perlu diketahui tumbuhan ini mempunyai cairan yang memiliki tingkat ke asaman netral sehingga bisa dipergunakan sebagai pengganti air minum biasa. Ada juga flora fauna langka lainnya, Bunga Raflesia, lutung merah, orang utan, beruang madu, dll.

Keindahan Puncak Gunung Bukit Raya 2.278 Mdpl The Seven Summits of Indonesia

Suara kicauan burung bersahutan dan suara berisik dedaunan kering yang terinjak langkah demi langkah akan menghantarkan kita hingga puncaknya yang yang tak biasa dengan gunung lainnya. Di puncak ini kamu hanya disuguhi tanah lapang yang masih tertutupi pepohonan. Tapi, ada satu cara agar kamu bisa menikmati keindahan pemandangan hutan tropisnya yaitu dengan memanjat pohon. Untuk menikmati keindahannya butuh perjuangan yang luar biasa bukan? Itulah bukit Raya yang akan membuat kita berbisik kagum dalam hati.

taan-nasional-bukit-baka-bukit-raya

Objek pemandangan sekitar puncak Kakam.

So! Jangan ditunda-tunda lagi untuk muncak ke Bukit Raya. Menjelajah hutannya,sungai dan bersahabat dengan pacet.

0 Response to "Bukit Raya 2.278 Mdpl, The Seven Summits of Indonesia"

Post a Comment