3 Peraturan Wajib Dipatuhi Ketika Mendaki Gunung Halau-Halau 1901 Mdpl HST

Gunung Besar Halau-Halau 1901 Mdpl  Mendaki gunung memang tidak bisa dipungkiri lagi adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Bukan hanya sekedar bisa melepas penat tapi juga bisa melihat keindahan alam selama melakukan pendakian tersebut. Dari sekian banyak pilihan maka Anda bisa mencoba Gunung Halau-Halau 1901 Mdpl di Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebagai tujuan pendakian.

Puncak-GunungHalau-Halau-1901-Mdpl-Hulu-Sungai-Tengah

Puncak-Gunung-Halau-Halau-1901-mdpl-HST

Memang benar kalau nama gunung yang eksotis satu ini masih belum terlalu familiar di telinga banyak orang. Hanya saja, perlu diketahui gunung yang tertinggi di Kalimantan Selatan ini menawarkan pemandangan indah yang tak terlupakan. Meski begitu, sebelum memutuskan mendaki ke gunung Halau-Halau, perhatikan 3 peraturan yang wajib diketahui seperti berikut ini.

1. Dilarang Berkata Sembarangan

Hal pertama yang perlu diketahui adalah terdapat adat suku Dayak Meratus yang wajib dipatuhi berbagai aturan didalamnya. Pertama adalah pendaki atau siapapun yang memasuki hutan yang ada di sekitar daerah pendakian dilarang berkata sembarangan. Berkata sembarangan tersebut bisa dengan kalimat yang tidak sopan, menggerutu maupun memaki.

Dipastikan kalimat-kalimat tidak pantas tersebut sangat dilarang untuk diucapkan di gunung tersebut. Bahkan beberapa pendaki yang sudah pernah melakukan pendakian sangat mewanti-wanti untuk jangan pernah melanggar peraturan. Tentunya hal tersebut dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan untuk terjadi.

Air-Terjun-Sungai-Karuh-di-Gunung-Halau-Halau-1901-mdpl-HST

2. Menjaga Kebersihan dan Keasrian Alam

Gunung Besar ini juga memiliki peraturan berikutnya yang wajib diketahui sekaligus dipatuhi oleh setiap pendaki. Peraturan kedua tersebut adalah untuk selalu menjaga kebersihan dan keasriannya ketika melakukan pendakian. Dalam artian seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak mengotori jalur pendakian hingga yang terpenting tidak merusak lingkungan sekitar.

Hal yang terlihat dan terdengar remeh ini nyatanya tidak pernah dipandang sebelah mata oleh penduduk di sana. Untuk itulah, bagi Anda yang ingin melakukan pendakian untuk selalu mengingat agar tidak melanggar peraturan penting yang satu ini.

Gunung Halau-halau, Puncak Gunung Halau-Halaun, Jalur pendakian Gunung Halau-Halau, tracking Gunung Halau-Halau

3. Tahu Diri

Alasan lain yang mendukung kedua auturan di atas adalah. Kerena Gunung ini dikeramatkan oleh masyarakat Dayak Meratus yang bermukim di kawasan pegunungan meratus. Sederhananya mereka yang menjadi “tuan rumah” saja sopan dan menjaga kelestarian alam Gunung Halau-Halau, masa kita yang hanya "bertamu" numpang mendaki untuk berwista malah berbuat yang enggak-enggak.

Melakukan pendakian gunung memang bukan hanya membutuhkan keberanian tapi juga pemahaman akan peraturan didalamnya. Tidak terkecuali dengan Gunung Halau-halau 1901 Mdpl yang eksotis tentunya juga memiliki peraturan sendiri. Tiga peraturan utama yang telah disebutkan di atas adalah yang paling utama untuk dipatuhi dan jangan sampai dilanggar.

Happy Travelling!

0 Response to "3 Peraturan Wajib Dipatuhi Ketika Mendaki Gunung Halau-Halau 1901 Mdpl HST"

Post a Comment