Bukit Ambulung 463 Mdpl, Objek Wisata Eksotis dan Menantang di Haruyan, HST

Bukit Ambulung, Haruyan – Hallo sahabat pecinta alam, sudah pernahkah Anda mendaki gunung dengan jalur pendakian yang menantang? Jika belum Bukit Ambulung 463 Mdpl bisa Anda daki untuk merasakan sensasi pendakian yang berbeda.

BUkit Ambulung, Gunung Ambulung, Puncak Ambulung

Bukit Ambulung berlokasi di Desa Sungai Harang, Batu Panggung, Kecamatan Haruyan, Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST). Dikatakan eksotis karena dipuncaknya Anda tidak akan menjumpai tanah lapang, melainkan batu gamping dengan pohon-pohon kecil untuk berteduh. Unik bukan? Dan dikatakan menantang karena untuk mencapai kaki bukitnya saja sudah cukup menguras tenaga.

Inilah Keindahan Bukit Ambulung


Untuk mencapai kaki bukitnya, Anda bisa menggunakan motor atau berjalan kaki. Tapi, apabila kondisi jalan sedang basah/ becek sebaiknya jalan kaki saja. Selain licin, beberapa kubangan lumpur dibeberapa titik jalan terbilang tebal sehingga sulit dilewati motor.

Jika berjalan kaki untuk menuju kaki bukit Ambulung, kira-kira membutuhkan waktu 1 jam. Dan setengah jam lebih cepat apabila menggunakan motor dengan catatan jalannya sedang kering.

Nah, sesampainya di kaki bukit Anda akan menjumpai perkebunan dan beberapa buah gubuk/ rampa milik warga. Untuk Jalur pendakian menuju puncaknya bisa Anda mulai dari sana.

Bukit Ambulung, Gunung Ambulung, Puncak Gunung Ambulung

Ok! pendakian pun dimulai. Medan yang harus Anda lewati sangat terjal, bahkan bisa dibilang seperti merayap, gundukan tanah, gundukan bebatuan putih/ gamping, bekas pephonon yang tumbang, akar-akar pepohonan yang menyebar dan banyak tumbuhan berduri harus Anda lewati dalam rangkaian pendakian menuju puncaknya. Pendakian menuju puncak Ambulung ini, jika Anda gesit hanya membutuhkan waktu 1 jam perjalanan.

Pemandangan di Bukit Ambulung 


Pesona Bukit Ambulung memang terkenal dengan bebatuan alam yang ada di puncaknya. Yakni batu gamping (batu kapur) yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat marmer.

Bukit Ambulung, Gunung AMbulung, Puncak GUnung Ambulung

Pemandangannya sangat eksotis, berfoto ria di atas bebatuan alam tersebut sembari menyaksikan sunset Bukit Ambulung yang terkenal indah tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Selain itu banyaknya pohon-pohon kecil namun kuat dipuncaknya juga memungkinkan untuk menggantung hammock atau sekedar berteduh dari terik matahari. Pemandangan bentangan pegunungan meratus yang gagah hijau asri juga dapat Anda saksikan dengan leluasa.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Bukit Ambulung

Selain menyediakan keindahan alam yang memukau dan pengalaman mendaki yang seru, tidak ada lagi fasilitas lain yang disediakan Bukit Ambulung.

Lalu parikir kendaraannya di mana? Dan harga tiket masuknya berapa? Hampir sama dengan tempat wisata Bukit Jambu Haruyan, Tempat Asyik untuk Berlibur di Barabai. Tempat parkir di Bukit Ambulung ini hanya dititipkan kepada warga sekitar, dan tidak ada harga tiket masuk untuk mendakinya.

Tips Berwisata di Bukit Ambulung
1.     Persiafkan fisik yang fit.
2.     Jangan merusak keindahan alamnya.
3.     Karena di atas puncaknya tidak ada tanah lapang, hanya ada bebatuan. Jadi, apabila ingin        bermalam di puncaknya, sebaiknya bawa matras yang banyak sebagai alas

Itulah review singkat tentang Bukit Ambulung 463 Mdpl, Objek Wisata Eksotis dan Menantang di Haruyan, HST. Yuk tambah pengalaman mendaki seru di puncak bukit yang satu ini. Happy travelling!

0 Response to "Bukit Ambulung 463 Mdpl, Objek Wisata Eksotis dan Menantang di Haruyan, HST"

Post a Comment