Puncak Tahura Mandiangin, Tempat Camping Seru di Banjarbaru

Wisata Tahura Mandiangin Melakukan kegiatan camping atau berkemah di Puncak Tahura Mandiangin saat weekend bukanlah ide yang buruk, melainkan ide yang ciamik guys. Bagaiamana tidak! Tahura (Taman Hutan Raya) Mandiangin yang terletak di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan ini menawarkan banyak spot menarik untuk bersantai maupun berfoto. Di sana ada air terjun, view perbukitan yang berjejer, kolam Belanda untuk berenang, dll.

Puncak-Tahura-Mandiangin

Wisata alam unggulan di Banjarbaru Kalsel ini biasanya saat weekend pasti ada yang camp di puncaknya, organisasi kemahasiswaan sering melakukan kegiatan di kawasan Tahura, ada juga yang sekedar refreshing sampai yang hanya pacaran.

Pemandangan cantik yang tak boleh dilewatkan saat berkemah di kawasan puncak Tahura Mandiangin adalah pemandangan kerlap-kerlip lampu kota Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura dan sekitarnya. Biasanya para pendaki menikmatinya sambil main gitar, bakar jagung dan seduh kopi, dll. Sisanya tambahkan sendiri ya :p

Menikmati suasana malam di puncak Mandingan tak akan mengecewakan, apalagi kalau bersama sahabat dan orang terkasih.

tahura-Mandiangin-kalsel

Dan tak lupa pemandangan pagi hari dengan sunrise hangat yang masih diselimuti awan tipis bercampur embun. Moment matahari terbit yang menandankan sebuah hari panjang dan penuh pengharapan dimulai ini juga sayang sekali dilewatkan di puncak Mandiangin. So! Jangan kesiangan bangunya yah!

Puncak-Tahura-Mandiangin-BJB

Area puncak Tahura Mandiangin cukup luas namun tak terlalu datar. Puluhan tenda bisa didirikan di puncaknya yang bertanah merah itu.

Lokasi Tahura Mandiangin Banjarbaru

Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam adalah area hutan dan perbukitan yang terletak di Jl. Pengeran Mohammad Noor, Desa Mandiangin Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Rute Menuju Puncak Tahura Mandiangin Banjarbaru

Dari kota Banjarmasin menuju Tahura Mandiangin dapat ditempuh sekitar -+2 jam perjalanan, setelah melewati gerbang masuk Tahura, Anda akan disambut jalan beraspal yang agak rusak namun tak panjang, selanjutnya aspalnya lumayan mulus. Di tepi jalannya, sesekali ada rumah-rumah warga desa setempat.

Jalanan aspal menuju puncaknya kecil dan berliku, namun sangat sejuk dan masih cukup untuk sebuah sepeda motor dan mobil berpapasan pelan.

Objek wisata pertama di Tahura setelah pos retribusi adalah kolam pemandian Belanda yang mana disekitarnya ada beberapa warung yang menjual aneka makanan dan minuman sekaligus bisa dijadikan tempat parkir. Anda bisa singgah sejenak untuk belanja atau main air di Kolam Belanda tersebut.

Kemudian terus naik lagi mengikuti jalan beraspal (13-20 menit apabila berkendara dan sekitar 40 -60 apabila jalan kaki). Hingga menjumpai sebuah warung di sebelah kanan jalan yang mana juga menyediakan jasa parkir, di sana akan terlihat papan petunjuk menuju puncak (jika lurus mengikuti jalan aspal akan menuju benteng Belanda).

Parkirkan kendaraan Anda, lalu ikuti papan petunjuk. Jalan menuju puncaknya adalah jalan setapak berupa anak tangga dari semen. kiri kanan jalan ditumbuhi pepohonan, sehingga asri dan teduh. Sekitar 15 menit menanjak, sampai deh di titik puncak bukit Mandiangin. Suasana sejuk dan pemandangan indah kian tampak jelas.

Selain ada banyak area untuk mendirikan tenda, di puncaknya juga ada bangunan pemancar radio dan gardu pandang yang biasa digunakan pengunjung untuk main hammock. Ada juga warung dekat puncak yang sewaktu-waktu buka.

Fasilitas di Bukit Mandiangin Banjarbaru

-          Parkir memadai (bisa di parkir di post dekat kolam renang Belanda atau warung       dekat puncak).
-          Warung makanan dan minuman.

Oh iya ! Masih di kawasan tahura, namun bukan di puncaknya juga sering diadakan berbagai kegiatan. Seperti arena hammock, gowes, dll.  

Itulah sedikit informasi Puncak Tahura Mandiangin, Tempat Camping Seru di Banjarbaru. Banyak sekali keindahan dan keseruan yang bisa dinikmati di Tahura Mandingain. Jadi, kapan Anda ke sini?

Happy travelling!

2 Responses to "Puncak Tahura Mandiangin, Tempat Camping Seru di Banjarbaru"

  1. terimaksih infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2NbLl5k

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sama-sama gan. Anyway kalo ke Banjarbaru jangan lupa main ke tahura mandiangin ya, dan semoga laris tokonya ^_^

      Delete