Wisata Bukit Matang Kaladan Riam Kanan, Raja Ampatnya Kalsel

Bukit Matang Kaladan Riam Kanan – Bisa dibilang objek wisata alam Matang Kaladan ini adalah Raja Ampat versi air tawarnya. Hee
Ada kemiripan pemandangan bukit Matang Kaladan dengan wisata Raja Ampat papua, yaitu sama-sama terdapat pulau-pulau kecil di tengah perairannya.


matang-kaladan-riam-kanan
photo by: @windawm_

Lokasi Wisata Bukit Matang Kaladan Riam Kanan

Kalau kamu ingin ke tempat wisata ciamik yang penuh kesejukan ini, lokasinya berada di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (berada di sekitaran dermaga Bendungan Riam Kanan).

Banyak orang-orang menyebut  tempat wisata ini dengan sebutan” Bukit Matang Kaladan Banjarbaru”, alasannya mungkin saja agar lebih mudah dikenali wisawatan luar daerah, dan jaraknya yang lumayan dekat dari pusat kota Banjarbaru yaitu sekitar 20 KM. Apabila dari Banjarmasin, maka jaraknya kurang lebih sekitar 55 KM.

Nah, jadi kalau sobat mau jalan-jalan atau liburan ke Wisata Bukit Matang Kaladan langsung saja menuju alamat di atas. Yuk! Yuk!

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir Bukit Matang Kaladan Riam Kanan

BTW jarak 20 KM itu belum sampai puncaknya ya, baru sampai dermaga Riam Kanan yang nantinya akan menjadi tempat parkir kendaraan mu, biaya parkirnya Rp5.000. Setelah parkir, barulah nih kamu bisa menikamti trekking menuju puncak bukit Matang Kaladan. Tapi, tentunya juga harus bayar tiket masuk terlebih dahulu seharga Rp3.000.

Walaupun baru kali pertama ke sana, kamu gak usah khawatir tersesat untuk menuju puncaknya. Di sana banyak papan petunjuk arah yang siap “mengantarkan” mu, kalo masih bingung juga kamu masih bisa bertanya pada penududuk sekitar yang sangat ramah kepada para wisatawan.

Pendakian Puncak Bukit Matang Kaladan

Jalan setapak perkampungan warga hingga klimaksnya jalur pendakian dengan sudut kemringan 60 derajat harus kamu lalui untuk bisa ngadem di atas puncak bukit Matang Keladan Banjarbaru.

Ada dua jalur pendakian menuju puncak Bukit Matang Keladan yang bisa kamu pilih, masing-masing jalurnya menawarkan keseruan tersendiri. Pertama, ada jalur landai namun cukup memakan waktu lebih lama, satunya lagi jalur yang lebih cepat namun cukup curam.

Jalur landai cocok buat kamu yang belum terbiasa mendaki dan ingin menghabiskan waktu lebih banyak menikmati pemandangan di jalur pendakian. Namun di jalur ini kamu harus hati-hati dalam berjalan, soalnya ada kendaraan roda dua yang berlalu lalang di jalur ini. 

Hmm, rupanya tersedia jasa antar jemput ojek untuk naik dan turun ke puncak Bukit Matang Keladan ini. Harga ojek puncak ini cuman 20 ribu untuk 1 kali naik, kalo mau sama turunya kamu harus bayar lagi dengan harga yang sama. Jadi total 40 ribu untuk pulang pergi puncak Bukit Matang Keladan.

Selanjutnya, jalur curam. Selain lebih cepat sampai puncak, sensasi pendakiannya juga akan lebih menantang, kamu akan menemukan jalan setapak yang sebagiannya berupa anak tangga., kemudianya hanya mengandalkan akar pohon. Makin dekat puncak, jalur pun kian curam kamu akan menemukan susunan ban bekas berwarna warni sebagai pijakan. Selain lebih curam jalur ini tak terlalu tertutupi pepohonan sehingga cukup terik.

Hayo pilih jalur yang mana? Sebaiknya sesuaikan dengan kondisi fisik dan mood kamu ya.
Kalau jalan kaki, lamanya pendakian sekitar 30 - 40 menitan.

Pemandangan Puncak Bukit Matang Kaladan Riam Kanan Banjarbaru Kalsel

Jalur pendakiannya aja sudah seru dan indah, apalagi puncaknya. Hehe..

Sebagai salah satu tempat wisata alam ternama di Kalimantan Selatan, Bukit Matang Kaladan recommended banget untuk bersantai nge-refresh hati dan pikiran. Sesampainya di atas puncak bukit ini, lukisan alam terlihat begitu indah, banyaknya pepohonan hijau dan asri, perbukitan di sekelilingya dan waduk Riam Kanan di hadapanmu kayaknya akan memebuat mu mengucap “KEREN”. #hee


pemandangan-bukit-matang-kaladan-banjarbaru
photo by: @windawm_

Agar lebih puas menikmati kemegahan alam di sana, sebaiknya datang pada sore hari dan bermalam. Tenang saja, area puncaknya bisa menampung banyak tenda kok. Pemandangan puncak bukit Matang kaladan sewaktu pagi hari juga sangat berkesan, jadi nikmatilah.

Pemandangan puncak bukit Matang Kaladan ini juga terkenal dengan spot-spot foto yang instagramable, ada 5 lebih spot foto yang bisa kamu jadiin tempat berfoto yang nantinya hasil foto kerennya kamu post di akun sosmed mu, hee..

Tapi, untuk bisa berfoto di sana kamu harus bayar sekitar Rp5.000 – Rp15.000 tergantung skil nego kamu sama paman yang jaga spot foto. Tapi, biasanya untuk 1 spot foto kamu harus bayar Rp5.000.

Tips Berwisata Di Bukit Matang Kaladan Riam Kanan

  1. Ajak teman sebanyak-banyaknya biar serunya double
  2. Buanglah sampah pada tempatnya, dan kalau ada sampah berhamburan bekas pengunjung terdahulu, dengan kerendahan hatimu dan kawan-kawan lakukanlah “operasi semut” sebagai bukti kamu benar-benar cinta dengan alam.

Itulah informasi tentang Wisata Bukit Matang Kaladan Riam Kanan, Raja Ampatnya Kalsel. Kapan-kapan kesini yah!

0 Response to "Wisata Bukit Matang Kaladan Riam Kanan, Raja Ampatnya Kalsel"

Post a Comment