Wisata Bukit Langara Loksado yang Sejuk dan Indah Banget

Bukit Langara Loksado Begitu banyak bukti nyata Indahnya bumi Kalimantan Selatan, dan salah satunya adalah Wisata Bukit Langara. Sudah lama bukit Langara ini dikenal oleh wisatawan pecinta alam, bahkan artis sekelas kak Dion Wiyoko pun dalam lawatannya ke Kalsel 2015 lalu bersama tim MTMA menyempatkan untuk mengeksplore keindahan objek wisata keren ini. Ayo ke langara lagi dong, hee


bukit-langara-loksado-hulu-sungai-selatan-kalimantan-selatan
Pemandangan sunrise di Bukit Langara Loksado

Nah sebelum kita ulas lebih jauh bagaimana sejuk dan indahnya pemandangan di Bukit Langara yang ngangenin ini, ada baiknya sobat mengetahui dulu di mana lokasi, bagaiamana cara menujunya, harga tiket dan tentunya trekking menuju puncak bukit ini. Setuju? Hee, OK baiklah.

Lokasi Bukit Langara Loksado

Lokasi atau alamat wisata alam bukit Langara berada di Desa Lumpangi, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan. Dari ibukota HSS yakni Kota Kandangan berjarak sekitar 23 Km atau sekitar 45 menitan berkendara.

Rute Menuju Bukit Langara Loksado

Anggap saja kita memulai perjalanan dari pusat Kota Kandangan, nah bagi wisatawan dari luar daerah biasanya masih belum terlalu hafal bahkan masih asing dengan rute wisata satu ini. Agar memudahkan perjalanan sobat travelers, sobat bisa menggunakan fitur google maps pada ponsel pintar sobat sebagai petunjuk arah. Kalau juga masih ragu atau bingung, sobat sebaiknya bertanya kepada warga sekitar. 

Sederhananya, kalau masih disekitaran kota Kandangan sobat tinggal minta arahkan untuk menuju kecamatan Loksado. Jika sudah berada di jalur ini maka lokasi wisata sudah makin dekat dan lebih mudah ditemukan. Yakni dekat pertigaan menuju desa Loksado dan Batulicin.

Jalanan menuju tempat wisata bukit Langara di Loksado ini cukup mulus, hanya saja cukup berliku dan naik turun tanjakan. Jadi, hati-hati ya sobat dalam berkendara. 

BTW, ada beberapa tempat wisata alam serupa loh yang bakal sobat lewati diperjalanan menuju Bukit Langara, di antaranya. Bukit Batu Bini, Bukit Batu Laki, Goa Berangin Malutu, Bukit Palawan dan Bukit Halinjuang. Yuhuu..

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Langara Loksado

Sobat yang mau datang untuk liburan di wisata alam Bukit Langara Loksado akan dikenai biaya parkir kendaraan roda dua Rp5.000, apabila roda empat Rp10.000.

Trekking Menuju Puncak Bukit Langara Loksado

Dari area parkir menuju puncak Bukit Langara, trekking atau pendakian normalnya hanya menghabiskan waktu sekitaran 30 menit. Jalur pendakiannya sedikit berbatu, dominan menanjak, namun teduh dan ada beberapa area datar untuk istirahat.


Keindahan Bukit Langara Loksado, Perpaduan Sempurna antara Sungai dan Perbukitan

ke-eksotisan pemandangan di Bukit Langara tak akan terlupakan. Hamparan bebatuan, perbukitan hijau yang sejuk nan indah di sekeliling, sungai Amandit yang mengalir jernih dan tenang di bawahnya begitu memanjakan lensa kamera sobat, juga tentunya liburan yang akan benar-benar nge-refresh segala penat.


menikmati-liburan-di-bukit-langara-loksado
photo by: @sitiayunisa_ 

Pokoknya sobat bakal banyak mendapati spot menarik mulai dari perjalanan menuju lokasi, jalur trekking hingg area puncak yang bisa sobat abadikan.
Selain dipenuhi bebatuan, di puncak Bukit Langara juga terdapat beberapa pohon-pohon kecil untuk sedikit berteduh.

Di puncak Bukit Langara tidak bisa mendirikan tenda, lah kenapa? Emang mau tiduran di atas batu. Hehe

Waktu terbaik berkunjung ke Bukit Langara adalah pada pagi hari kalau tujuan sobat untuk menikmati hangat sunrise dan hamparan awan atau embun tipis, bisa juga sore hari untuk menikmati udara sejuk khas pegunungan sembari menunggu pemandangan sunset memukau dari atas puncak bukit Langara.


puncak-bukit-langara-loksado
Indah banget kan pemandangan di Bukit Langara Loksado?

Hmm, kayaknya masih ada nih sobat yang ragu gimana keindahan sesungguhnya puncak Bukit Langara. Kalo gitu, coba deh sobat lihat tag IG #bukitlangara banyak banget foto-foto super keren berbagai spot yang menggambarkan secara nyata wisata alam Bukit Langara.


trip-bukit-langara-loksado
Keindahan puncak bukit Langara Loksado memang tak terbantahkan


photo by: @sitiayunisa

Waahhh, kelihatannya keren bercampur asyik juga ya menikmati pemandangan sekiling Bukit Langara sambil main hammock.

Tips Mendaki Bukit Langara Loksado

Yang pasti harus hati-hati, dan disarankan pakai sepatu agar lebih enakan pijakan di atas batu. Wajib juga untuk tidak membuang sampah sembarangan, wajib kantongin sampahnya lalu buang ke tempat yang telah disediakan.

Itulah informasi tentang  Wisata Bukit Langara Loksado yang Sejuk dan Indah Banget. Yakin deh sobat gak akan nyesel liburan ke sini.

0 Response to "Wisata Bukit Langara Loksado yang Sejuk dan Indah Banget"

Post a Comment